3 Trik Merawat Jam Tangan Otomatis Radatime Secara Tepat

0
12

Siapa bilang jam tangan otomatis radatime tidak membutuhkan perawatan? Pada dasarnya, sesuatu yang bersifat istimewa, termasuk jam tangan otomatis tentunya akan memerlukan perawatan agar aura jam tangan tersebut tetap terpancar. Apalagi, jam tangan otomatis menjadi salah satu mahakarya yang ada di dunia. Jam tangan yang berperan sebagai mesin penunjuk waktu ini hanya memiliki diameter 40-50mm saja. Sementara itu, terdapat sekitar 120 spareparts di dalamnya. Pada setiap bagian, jam tangan otomatis terbentuk dan tersusun secara sangat presisi. Makanya, tidak heran apabila jam tangan yang satu ini juga disebut sebagai sebuah mahakarya. Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mahakarya tentunya membutuhkan perawatan yang tepat. Dengan begitu, jam tangan tersebut akan bertahan secara lebih lama.

Memang, perawatan jam tangan otomatis merupakan tugas yang tidak instan. Namun, hal ini tentu tergantung dari konsistensi pemilik jam tangan otomatis untuk melakukannya. Apabila kita sudah terbiasa, tentu kita tidak akan merasakan hal ini sebagai sebuah beban. Apalagi, ketika melakukan perawatan jam tangan otomatis, bukan berarti kita harus selalu membuka setiap bagian jam tangan untuk kemudian dibersihkan. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita bersama-sama menyimak penjelasan mengenai 3 tips membersihkan jam tangan otomatis berikut ini!

1. Penggunaan

Pada dasarnya, masih banyak dari kita yang merasa kebingungan dan bertanya-tanya mengenai aktivitas tangan yang intens dan dapat berpengaruh pada umur jam tangan kita. Lantas, apakah hal ini merupakan fakta atau sekadar mitos belaka? Ternyata, hal ini merupakan sebuah fakta. Makanya, kamu tidak disarankan untuk menggunakan jam tangan otomatis ketika kamu sedang melakukan kegiatan tangan yang tinggi, seperti contohnya ketika sedang berolahraga jenis voli, badminton, maupun tenis. Soalnya, hal ini bisa berpengaruh pada mekanisme yang dimiliki oleh jam tangan otomatis yang ada dasarnya memiliki ratusan susunan bagian yang kecil dan sangat presisi. Makanya, gerakan tangan yang besar maupun hentakan yang keras dan konstan mungkin akan berpengaruh pada beberapa part yang tidak sesuai posisi awalnya.

2. Proses charging

Mekanisme pengisian daya yang terdapat pada jam tangan otomatis terjadi ketika kita menggunakannya. Soalnya, ada oscilator weight yang berperan penting untuk mengisi daya yang ada di mainspring. Akan tetapi, sampai saat ini, ada juga cara lain yang dapat bekerja pada jam tangan otomatis saat melakukan pengisian daya. Cara yang satu ini ternyata sudah dilakukan sejak zaman dahulu, lebih tepatnya melalui pemutaran crown. Ketika kita ingin mengisi daya melalui crown, ada hal penting yang juga perlu kita perhatikan. Soalnya, pemutaran crown yang tepat ialah yang dilakukan minimal sebanyak 2 hari sekali. Hal ini dikarenakan jam tangan otomatis memiliki daya tahan selama 40 – 48 jam ketika minim pergerakan.

3. Sistem penyimpanan

Seperti yang sudah disebutkan, jam tangan otomatis memiliki daya tahan sebesar 40 – 48 jam sehingga apabila disimpan terlalu lama ataupun tidak digunakan dan digerakkan, maka secara otomatis jam tersebut akan terhenti. Jadi, agar jam tersebut tetap bisa bergerak meskipun tidak digunakan, kita perlu melakukan penyimpanan pada watch winder. Melalui watch winder, maka secara otomatis jam tangan akan konsisten bergerak dan melakukan pengisian daya. Dengan begitu, kamu tidak perlu merasa khawatir akan kehabisan daya. Walaupun pengisian daya dapat dilakukan melalui pemutaran crown sebanyak 2 hari sekali, tentu akan lebih praktis apabila kita menyimpannya pada watch winder.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here