5 Manfaat Kurma untuk Ibu dan Bayi di Masa Menyusui

0
87
5 Manfaat Kurma untuk Ibu dan Bayi di Masa Menyusui

Kurma memiliki banyak manfaat dan termasuk salah satu buah yang bagus untuk ibu menyusui. Pada masa menyusui, ibu memang membutuhkan nutrisi lebih agar bisa berbagi dengan si kecil. Mengonsumsi buah-buahan menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas ASI.

Kurma menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan lengkap bagi ibu menyusui karena mengandung kalori, karbohidrat, serat, vitamin dan juga mineral. Semua kandungan ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil.

Manfaat Kurma Bagi Ibu Menyusui

Ketika menyusui anak ibu sering merasa lapar, tapi di saat seperti ini tidak boleh makan sembarangan. Apalagi mengonsumsi camilan tidak sehat. Jika ingin ngemil, ibu bisa memilih buah-buahan kering seperti kurma karena bermanfaat:

1.     Memperkuat Tulang

Kurma adalah salah satu buah yang kaya akan kalsium dan kalsium sangat dibutuhkan oleh tulang manusia. Kalsium akan memperkuat dan menjaga kesehatan tulang ibu yang pada saat menyusui seringkali merasakan nyeri pinggang dan pegal-pegal. Dengan tulang kuat dan sehat rasa nyeri dan pegal ini akan berkurang.

2.     Meningkatkan Produksi ASI

Kurma merupakan buah yang bagus untuk ibu menyusui karena kandungan di dalamnya mampu membantu meningkatkan hormon prolaktin yang dapat memperlancar ASI juga meningkatkan produksi ASI.

Dengan mengonsumsi 100 gram kurma, ibu akan menurunkan hormon dopamin dan meningkatkan fungsi hormon prolaktin sehingga produksi ASI meningkat. Selain itu, asam amino dalam kurma juga mampu meningkatkan kualitas ASI yang diberikan pada si kecil.

3.     Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Ibu menyusui bukan hanya harus mengurus diri sendiri, tapi juga si kecil dan keluarga. Oleh sebab itu, ibu harus selalu kuat dan tidak mudah sakit. Dengan mengonsumsi kurma, ibu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga daya tahan terhadap penyakit semakin tinggi. Jadi, tidak mudah terserang virus dan penyakit lainnya.

4.     Meningkatkan Daya Ingat

Satu lagi manfaat kurma yang tidak kalah bagusnya bagi ibu menyusui, yaitu meningkatkan daya ingat. Tahukah Anda bahwa setelah melahirkan dan menghadapi masa-masa menyusui ibu dapat mengalami masalah pelupa?

Untuk mencegah hal ini, ibu dapat mengonsumsi kurma secara teratur setiap hari agar menjaga daya ingat. Selain itu, kurma juga dapat meminimalkan risiko penyakit otak seperti alzheimer.

5.     Menjaga Sistem Pencernaan

Selain mengandung gula, asam amino, dan kalsium, kurma juga memiliki kandungan serat tinggi yang akan membantu sistem pencernaan ibu menyusui. Penyakit seperti sembelit tidak akan mudah datang. Tak hanya itu, kandungan serat dalam kurma juga mampu mencegah tekanan gula darah yang akan menghambat proses menyusui.

Walaupun kurma baik bagi kesehatan, jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa meningkatkan potensi penyakit diabetes. Anda ingin mengetahui informasi lainnya terkait dunia kehamilan, perawatan anak, atau review perlengkapan bayi yang bagus digunakan? Kunjungi Orami, berbagai pembahasan seputar ibu dan anak juga berbagai makanan dan buah yang bagus untuk ibu menyusui akan Anda temukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here