7 Efek Minum Kopi Instan bagi Kesehatan

0
107
7 Efek Minum Kopi Instan bagi Kesehatan

Kopi saat ini menjadi minuman favorit semua kalangan. Saat ini ada banyak bentuk kopi instan yang memudahkan Anda untuk menikmati rasa kopi yang nikmat. Namun, dibalik praktis dan enaknya kopi instan, ternyata ada beberapa efek positif dan negatif untuk kesehatan. Nah, berikut ini efek minum kopi instan bagi kesehatan.

  1. Membantu Membakar Lemak

Salah satu manfaat mengonsumsi kopi tanpa gula adalah untuk membakar lemak, sehingga akan mempercepat penurunan berat badan pada orang yang sedang melakukan diet. Metabolisme tubuh akan meningkat sebanyak 3-11 persen setelah mengonsumsi kopi. Namun, efek tersebut juga akan berkurang dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kopi tanpa gula juga bermanfaat untuk mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang sering mengakibatkan demensia. Bagi peminum kopi hitam tanpa gula, risiko terkena penyakit Alzheimer hanya 65%. Namun, tak hanya itu saja yang harus Anda lakukan, Anda juga harus menjalani pola hidup dan pola makan yang sehat.

  1. Menyehatkan Organ Hati

Penyakit hati dan hepatitis dapat menyebabkan sirosis. Nah, jika Anda rutin mengonsumsi kopi maka risiko terkena penyakit hati yang berujung sirosis akan berkurang. Kopi tanpa gula bukan dimaksudkan untuk menggantikan fungsi obat, namun hanya untuk membantu mengurangi risikonya.

  1. Meningkatkan Stamina

Kopi mengandung Kafein yang dapat membantu tubuh untuk menyimpan energi saat sedang berolahraga. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi kopi terlebih dahulu sebelum berolahraga. Jadi, saat olahraga Anda akan memiliki stamina yang stabil dan tidak mudah lelah.

  1. Mengancam Kesehatan Lambung

Setelah Anda mengonsumsi kopi, pasti akan muncul rasa asam pada mulut. Hal ini karena kopi memiliki rasa asam. Maka dari itu, jika Anda memiliki luka atau masalah di lambung sebaiknya hati-hati saat mengonsumsi kopi.

Jika Anda mengonsumsi kopi di pagi hari, maka dapat mengganggu sistem pencernaan. Apalagi saat Anda mengonsumsi kopi dengan perut kosong, maka kopi akan memicu asam lambung. Jika Anda ingin mengonsumsi kopi pada pagi hari, sebaiknya konsumsi setelah Anda sarapan.

  1. Masalah Pada Gigi dan Gusi

Tak hanya berdampak buruk bagi lambung, efek minum kopi setiap hari juga dapat menyerang gusi dan gigi. Kopi biasanya mengandung banyak gula dan tanin yang asam, kedua zat ini dapat mengikis lapisan pelindung gigi secara perlahan. Tak hanya itu, kopi juga dapat membuat warna gigi menjadi kekuningan dan membuat plak semakin lengket menempel di gigi.

  1. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi kopi setiap hari juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Risiko ini terjadi pada orang yang memiliki mutasi genetik tertentu. Mutasi genetik tersebut akan membuat proses pemecahan kafein dalam tubuh berjalan lebih lambat. Mengonsumsi kopi 2 cangkir atau lebih akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kopi instan memang memiliki rasa yang enak dan praktis dalam pembuatannya. Namun, Anda juga harus mengetahui efek minum kopi instan, baik dan buruknya. Perhatikan dosis minum kopi dan imbangi dengan minum air putih yang cukup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here