Cara Membiasakan Sarapan Sehat untuk Anak

0
44
Cara Membiasakan Sarapan Sehat untuk Anak

Makan pagi atau sarapan sangat penting dilakukan untuk memberikan energi ketika beraktivitas seharian. Apalagi di masa sekolah, anak sangat membutuhkan energi yang banyak agar dapat belajar dengan optimal. Inilah sebabnya memberikan sarapan sehat untuk anak tidak boleh dilewatkan. Sayangnya, tidak sedikit anak yang masih susah untuk diajak sarapan.

Penyebab Anak Malas Sarapan

Ada beberapa hal yang bisa memicu anak malas untuk sarapan pagi. Salah satu contohnya adalah karena malas. Saat bangun tidur, anak memang paling susah untuk diajak makan karena masih mengantuk. Padahal, mau tidak mau anak tetap harus sarapan agar tidak lemas ketika sekolah atau beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara agar anak mau untuk sarapan.

Tips Mengajak Anak Sarapan Pagi

  1. Memulai dengan porsi kecil

Mungkin anak akan merasakan malas atau kehilangan selera makan ketika di pagi hari ia harus sarapan dengan makanan porsi besar. Oleh karena itu, cobalah untuk memulai dengan porsi kecil terlebih dahulu. Ibu bisa memberikan satu lembar roti gandum dengan selai sesuai kesukaan mereka, semangkuk kecil sereal, atau beberapa potong buah-buahan.

  1. Berikan menu yang bervariasi

Anak bisa mudah bosan jika menu yang diberikan untuk sarapan itu-itu terus. Berikan menu yang bervariasi. Variasi ini bukan berarti selalu mengganti menu setiap hari, namun juga bisa memberikan variasi pada penyajian. Sebagai contoh, jika hari ini menu sarapan anak adalah telur dadar, maka hari berikutnya bisa diberikan variasi seperti telur ceplok, omelet, dan sebagainya.

  1. Libatkan anak dalam memilih menu sarapan

Jika ibu masih bingung tentang menu sarapan apa yang disukai anak, tanyakan saja langsung kepada anak. Sebelum tidur, cobalah untuk menanyakan menu sarapan apa yang diinginkan oleh anak. Selama menu tersebut masih memungkinkan untuk diberikan di pagi hari, maka berikan menu tersebut. Hal ini juga akan mengurangi beban pikiran ibu dalam memilih menu sarapan yang tepat.

  1. Ikut sarapan bersama

Anak malas untuk sarapan bisa dikarenakan tidak memiliki teman makan. Oleh karena itu, cobalah untuk menemaninya ketika sarapan. Akan lebih baik jika sarapan dilakukan sekeluarga bersama-sama. Hal ini akan menambah semangat anak untuk makan.

  1. Lengkapi dengan Milo

Selain kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh, Milo juga memiliki rasa yang sangat lezat. Hal ini bisa merangsang nafsu makan anak. Kalaupun anak masih malas untuk sarapan, Milo sudah bisa sedikit membantu memberikan asupan energi untuk beraktivitas. Setelah itu, anak bisa diberikan bekal makanan ringan seperti sepotong roti atau sereal.

Dengan cara di atas, maka mengajak anak untuk sarapan tidak akan sulit lagi. Yang jelas, selalu perhatikan asupan gizi untuk anak. Pastikan bahwa menu sarapan anak memiliki gizi yang cukup agar bisa membantu mereka saat beraktivitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here