Cara Memilih Daging Sapi yang Baik dan Segar

0
83
Cara Memilih Daging Sapi yang Baik dan Segar

Daging sapi termasuk sumber protein yang penting dan mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi ibu hamil di hari-hari khusus. Meskipun harganya tinggi, apalagi menjelang hari raya, daging sapi olahan yang tepat bisa jadi menu spesial keluarga. Namun ada beberapa hal yang harus dipahami sebelum mengolah daging sapi termasuk cara memilih daging sapi yang baik sehingga hasil masakan enak.

Tips Memilih Daging Sapi

  1. Tentukan Jenis Masakan yang Akan Dimasak

Setiap potongan daging sapi memiliki tekstur yang berbeda-beda. Oleh karena itu tentukan dulu jenis makanan apa yang akan dibuat agar bisa disesuaikan dengan jumlah daging yang akan dibeli. Misal, jika ingin memasak sop, beef stew atau roast beef bisa membeli iga sapi.

Jika ingin membuat sate atau bistik, sebaiknya pilih bistik yang sangat empuk yang bisa cepat matang. Apabila ingin membuat rendang maka Anda bisa memilih beef roll dengan tekstur yang kenyal agar cocok untuk hidangan rendah kalori jangka panjang.

  1. Perhatikan Warna Daging Sapi

Cara memilih daging sapi yang baik berikutnya adalah dengan memperhatikan warna daging saat membeli. Perlu Anda ketahui bahwa cherry red berarti daging sapi tersebut segar dan baru dipotong.

Saat daging sapi terkena oksigen, warnanya juga akan berubah menjadi merah keunguan. Meski begitu, cherry red dan fuchsia masih cukup bagus. Warna daging yang Anda hindari berwarna coklat karena mungkin tidak segar.

  1. Perhatikan Tekstur Daging Sapi

Daging sapi berkualitas tinggi memiliki tekstur yang kenyal dan padat. Anda dapat menekan permukaan daging dengan lembut. Tekan sekali untuk melihat apakah kembali ke bentuk aslinya, yang menunjukkan bahwa dagingnya berkualitas tinggi. Begitu pula jika tidak kembali ke bentuk aslinya, artinya daging sapi memiliki tekstur yang terlalu lunak karena sudah lama diletakkan di ruang terbuka, sehingga kualitasnya akan menurun.

  1. Cium Aroma Daging Sapi

Daging sapi segar akan mengeluarkan aroma yang unik, tetapi tidak menyengat. Biasanya aroma ini bisa hilang karena jeruk nipis, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Apabila daging tersebut memiliki bau amis yang sangat tajam atau bau anyir, itu menandakan bahwa daging tersebut berkualitas buruk. Bahkan baunya juga tidak akan hilang meskipun sudah diberikan rempah-rempah.

Memasak Daging Sapi Agar Lezat

Setelah mengetahui cara memilih daging sapi berkualitas, sekarang saatnya untuk memasak daging sapi hingga menjadi menu masakan yang lezat. Agar daging Anda semakin enak, jangan lupa gunakan saus Maggi tiram saat memasak.

Cara memilih daging sapi yang baik akan membantu Anda menghasilkan masakan yang nikmat ditambah dengan Maggi Saus Tiram terbuat dari ekstrak tiram asli yang memberikan aroma unik pada masakan Anda dengan perpaduan rasa asin dan manis sehingga dapat menggugah selera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here